Seperti halnya banyak hal, jawabannya adalah “itu tergantung.” Perusahaan manajemen properti sangat bervariasi, dan banyak dari jawabannya tergantung pada ruang lingkup perikatan. Apa yang Anda ingin manajer properti lakukan untuk Anda?

Manajer Properti

Setiap pengaturan yang dibuat pemilik properti dengan perusahaan manajemen properti adalah salah satu delegasi. Satu pemilik mungkin hanya ingin mendelegasikan tugas dan fungsi tertentu ke manajer properti, sambil tetap sangat ‘giat’ di bidang lain. Pemilik lain mungkin ingin mengambil pendekatan ‘lepas tangan’ yang hampir lengkap.

Biaya juga bervariasi berdasarkan lokasi, jenis properti, dan perkiraan jam kerja yang terlibat dalam penyediaan layanan manajemen properti.

Perjanjian Biaya Umum

Sebagai data dasar, diharapkan membayar perusahaan manajemen properti residensial khas antara 8 – 12% dari nilai sewa bulanan properti, ditambah biaya.
Beberapa perusahaan mungkin mengenakan biaya, katakanlah, $ 100 per bulan flat rate. Ini mungkin atau mungkin tidak bagus untuk Anda, tetapi sebagian besar manajer properti membebankan sedikit persen dari pembayaran sewa bulanan.

Kemungkinan Biaya Lainnya Manajer Properti

Unit Kosong

Beberapa perusahaan mengenakan biaya sewa 1 bulan di muka. Anda dapat mengalami biaya ini jika Anda mencoba melibatkan perusahaan manajemen properti saat properti tersebut kosong. Ini memberi mereka uang tunai untuk membayar agen real estat komisi untuk menempatkan penyewa di properti, atau membayar biaya iklan, berulang kali menunjukkan properti kepada calon penyewa, serta biaya menyiapkan dokumen sewa (yang dapat mengambil jam).

Unit Penduduk Tenant

Beberapa manajemen hanya mengenakan biaya ketika ada penyewa di properti. Jika properti kosong, mereka mungkin membebankan biaya yang dikurangi, atau tidak ada biaya sama sekali.

Penempatan Tenant Baru

Beberapa manajer mungkin mengenakan biaya untuk biaya penempatan penyewa baru atau struktur bonus untuk memasukkan penyewa ke dalam sewa. Atau biaya 50 persen dari sewa bulan pertama untuk penyewa baru yang ditempatkan bukanlah hal yang aneh. Namun, Anda seharusnya tidak mengalami banyak biaya di muka yang signifikan. Entah mereka memiliki biaya sewa bulan pertama, biaya dimuka, atau persentase besar dari sewa bulan pertama yang dikumpulkan. Padahal, biasanya Anda tidak harus membayar ketiganya kecuali mereka memiliki pengeluaran bulanan yang sangat rendah atau tidak ada.

Pemeliharaan

Beberapa perusahaan mempertahankan kru pemeliharaan mereka sendiri, penuh waktu. Jika demikian, Anda harus menegosiasikan layanan pemeliharaan rutin apa yang termasuk dalam persentase bulanan Anda, dan apa yang dapat mereka sampaikan kepada Anda secara ekstra. Anda dapat melihat biaya tenaga kerja dari $ 20 hingga $ 45 per orang, misalnya, ditambah bahan. Namun, Anda tidak boleh buta. Perjanjian Anda harus menetapkan batas berapa banyak manajer properti Anda dapat membebankan biaya.

Penggusuran

Sayangnya, dari waktu ke waktu, akhirnya beberapa penyewa tidak berhasil. Beberapa kehilangan pekerjaan dan menjadi tidak mampu membayar sewa, sementara yang lain terbukti tidak bertanggung jawab dan gangguan atau gangguan di properti. Kemungkinan besar seorang manajer properti akan membebankan biaya untuk menjalani proses penggusuran yang membosankan, yang biasanya sekitar $ 200 – $ 500 per penggusuran, ditambah biaya pengadilan yang berlaku.

Pembayaran Terlambat

Mereka mungkin memiliki biaya untuk pembayaran tertunda; rata-rata ini adalah 25 – 50% dari biaya keterlambatan yang dikumpulkan.
Ini adalah untuk keterlibatan yang cukup luas, di mana manajer properti melakukan semua pekerjaan berat dalam memperoleh dan bekerja dengan penyewa, (termasuk kegiatan pengumpulan dan penggusuran yang mungkin timbul, bersama dengan pemeliharaan rutin di rumah.)

Beberapa pemilik lebih suka melakukan sebagian besar dari itu sendiri dan hanya beralih ke perusahaan manajemen untuk penyaringan penyewa, serta merekrut. Untuk pengaturan ini, di mana tidak ada aktivitas pemeliharaan yang sedang berlangsung dari pihak perusahaan manajemen properti, Anda hanya dapat membayar komisi satu kali 50-100 persen dari sewa satu bulan untuk siapa pun yang mereka bawa yang menandatangani 1 tahun sewa.

Persentasenya mungkin lebih kecil dengan sewa jangka pendek atau musiman, tetapi tidak jauh lebih kecil. (Pekerjaan sama halnya dengan merekrut penyewa jangka pendek sebagai penyewa jangka panjang!)

Biaya Lain-lain Manajer Properti

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin melihat beberapa biaya dibebankan kepada Anda – terutama di mana manajer membebankan persentase bulanan yang rendah. Contohnya mungkin termasuk biaya iklan sehubungan dengan penempatan penyewa, biaya inspeksi tahunan, dan semacam cadangan, sehingga perusahaan manajemen memiliki sejumlah uang tunai untuk mengurus pengeluaran yang tidak terduga, tetapi mendesak bandar ceme online.

Anda mungkin ingin melihat bagaimana Anda membagi simpanan hewan peliharaan yang dikumpulkan dan biaya pemeriksaan yang buruk (umumnya siapa pun yang terjebak dengan biaya bank terbanyak harus mendapatkan sebagian besar dari yang ini!) Juga, perhatikan siapa pun yang bisa menjaga pendapatan dari mesin penjual otomatis dan koin – mesin cuci dan pengering yang dioperasikan, jika ada.

Yang Harus Diperhatikan Manajer Properti

Bahasa kontrak itu penting. Lihat dalam kontrak untuk bagaimana Anda akan membayar manajer. Apakah kontrak mengatakan bahwa Anda akan membayar mereka dengan “nilai sewa” atau “jatuh tempo sewa”? Atau Anda akan membayar mereka keluar dari “sewa dikumpulkan?” Ada perbedaan besar. Perusahaan pengelola properti yang hanya dibayar persentase dari sewa yang dikumpulkan memiliki insentif besar untuk melakukan tugasnya.